Kamis, 26 Mei 2011

Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian

Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
  
Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau.sebagai contoh,jika seorang kakak di beri tanggung jawab oleh ayah dan ibunya untuk menjaga adiknya yang sedang bermain sepeda sesaat sebelum dan ayah dan ibunya pergi ke kantor,lalu sang kakak tidak menggubrisnya,lalu adiknya tiba - tiba jatuh dan hampir terserempet oleh mobil.hal ini menandakan kurangnya tanggung jawab seorang kakak kepada adiknya.

Tanggung jawab tidak hanya kepada orang tua saja ,melainkan kepada Tuhan YME,negara,lingkungan dan lain lain. Tanggung jawab kepada tuhan sama halnya saat kita mengabdi kepadanya,seperti ibadah dan lain lain. disaat kita meninggalkan tanggung jawab kita untuk beribadah, itu sama hal nya seperti kita meninggalkan pengabdian kita kepadaNYA.

tanggung jawab yang lainnya adalah,tanggung jawab kepada negara. tanggung jawab ini dapat kita lakukan setiap saat.yakni ,membuang sampah pada tempatnya ,bike to work dll. sebenarnya tanggung jawab tersebut dapat di kategorikan ke dalam tanggung jawab pada lingkungan,namun nampaknya tanggung jawab tersebut menurut saya merupakan satu kesatuan,lingkungan bagian dari negara,dan negara bagia dari lingkungan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar